F.Hukum UNISKA Banjarmasin: Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi • F.Hukum UNISKA Banjarbaru: Jl. Salak No.44 (Belakang Kolam Renang Idaman Banjarbaru) • F.Hukum UNISKA Anjir: Jl. Trans Kalimantan Km.17 Kec. Anjir Pasar, Kab. Barito Kuala • STATUS AKREDITASI "B" (SK.BAN-PT. No:1011/SK/BAN-PT/AKRED/S/IX/2015)

Serba-serbi: Harap Disimak, Berikut Ini Tata Cara Menghubungi Dosen Yang Baik dan Benar!

Sebagai mahasiswa, tidak hanya menuntut ilmu akan tetapi mahasiswa juga dituntut untuk mengedepankan sopan santun terutama dalam berkomunikasi dengan dosen. Hal ini dikarenakan dosen merupakan pengajar yang sudah seharusnya dihargai dan dihormati.

Selama pandemi covid 19, sistem perkuliahan melakukan penyesuaian salah satunya pembelajaran secara daring. Hal ini bertujuan agar penularan virus covid 19 dapat dicegah, mengingat kampus merupakan salah satu tempat publik.

Salah satu rutinitas yang dilakukan mahasiswa, terutama penanggung jawab kelas (ketua kelas) adalah menghubungi dosen pengajar mata kuliah yang bersangkutan, mengingatkan dosen terkait jadwal ujian dan hal lainnya. Tidak hanya ketua kelas, mahasiswa semester akhir yang ingin mengatur jadwal untuk bimbingan skripsi juga diharuskan untuk menghubungi dosen pembimbing.

Hal ini kerap kali menimbulkan keresahan, karena beberapa mahasiswa yang kerap menghubungi dosen dengan kalimat kurang sopan. Untuk itu berikut kami sarankan tata cara dalam menghubungi dosen yang baik dan benar :

“Assalamu’alaikum,

Selamat Pagi (Bapak/Ibu akan lebih baik jika menyertakan nama dosen)

Saya (nama lengkap) dengan NPM XX sebelumnya mohon maaf telah mengganggu waktu Bapak/Ibu

*sebutkan kepentingan kalian secara singkat dan jelas*

Demikian yang saya sampaikan, terimakasih sebelumnya”

Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan sebelum menghubungi dosen adalah:

  1. Hubungi dosen pada hari kerja, jangan menghubungi pada hari libur nasional.
  2. Perhatikan waktu sebelum menghubungi dosen, jangan menghubungi dosen diluar jam kerja.
  3. Jangan melakukan spam chat terhadap dosen, jika pesan tak kunjung dibalas, bisa beri jeda beberapa jam.

Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

You may also like...

toggle